Apakah Tuhan Bahagia?

Assalamu'alaikum Sahabat, Karena saya sangat mencintai tulisan Prof. Sumanto Al Qurtuby, (Beliau kakak kelas saya di Kursusan BEC Pare, Kediri. Mom Atun Told me) maka saya posting ulang tulisan-tulisan beliau di sini.

Gambar-gambar yang ada merupakan pemanis yang saya ambil di Google, kecuali gambar yang memang asli dari artikelnya.

Semua yang ada di blog ini adalah murni tulisan beliau, dan kali ini berjudul Apakah Tuhan Bahagia?

Selamat membaca...

Apakah Tuhan Bahagia?


Tiba-tiba saya teringat sebuah buku yang ditulis oleh Leszek Kalakowski, salah satu filsuf dan pemikir humanis berpengaruh di abad ke-20, yang berjudul "Is God Happy?".

Di dunia modern dewasa ini, masyarakat agama semakin kreatif dalam melakukan berbagai aktivitas ritual-ibadah untuk "membahagiakan" Tuhan. Dalam rangka membahagiakan Tuhan ini, ada yang berlomba-lomba membangun tempat ibadah dari yang sederhana sampai yang super-megah. Dari kampung-kampung sampai kota-kota metropolitan, mereka hiruk-pikuk "semangat '45" membangun tempat-tempat ibadah: masjid, gereja, kuil, dlsb. Meskipun sudah ada banyak tempat-tempat ibadah di sekitarnya, mereka tidak peduli: pokoknya bikin lagi dan bikin lagi sampai banyak, dan sampai masing-masing sekte dan kelompok agama mempunyai tempat ibadah sendiri-sendiri. 

Karena itu, masjid atau gereja saat ini memiliki "jenis kelamin" sendiri-sendiri. Ada masjid Muhammadiyah, masjid NU, masjid Ahmadiyah, masjid Syiah, masjid LDII, masjid PKS, masjid Wahabi dan seterusnya. Gereja lebih banyak lagi "jenis kelaminnya". Ada gereja Katolik, gereja Mormon, gereja Mennonite, gereja Kristen ini dan itu, gereja Pentakostal, gak tahu deh hitung aja sendiri.

Di kampungku yang kecil-mungil saja ada 3 masjid/mushalla. Padahal sih "penghuninya" sedikit. Orangnya itu-itu doang. Meskipun jarang ke masjid, kalau diminta gotong-royong membangun masjid atau langgar, orang-orang kampung semangatnya minta ampun. Arab Saudi juga semangat sekali kalau membangun masjid. Di kampusku ini saja ada berpuluh-puluh masjid, dan hampir setiap gedung mempunyai "mushalla". Mereka rela mengeluarkan banyak uang demi membangun "rumah Tuhan". 

Bagi yang modalnya cekak, mereka rela "ngamen" di jalan-jalan raya meminta sumbangan dari para pengemudi mobil-motor yang lewat. Atau meminta sumbangan "door to door" dari rumah ke rumah.Untuk apa semua itu? Ya, untuk "membahagiakan" Tuhan tadi. Kadang-kadang saya berpikir, kasihan sekali Tuhan untuk membangun rumah-Nya saja, harus meminta-minta kesana-kemari.

Ada lagi cara umat beragama untuk membuat Tuhan "bahagia", yaitu dengan membersihkan agama dari hal-ihwal yang berbau lokal sehingga diharapkan agama tadi bisa menjadi murni-ni, asli-sli, tidak terkotori dengan aneka inovasi tradisi, kebudayaan, dan nilai-nilai spiritualitas lokal. Dalam rangka upaya "pemutihan" agama ini, mereka sering kali bukan hanya dengan perkataan saja melainkan juga dengan perbuatan anarkis atau tindakan kekerasan: orang atau kelompok yang dianggap "menyimpang" dalam mempraktekkan ajaran agama langsung dimaki, dilibas, digasak, dan dihancurkan. Mereka tidak peduli dengan tangisan dan penderitaan umat agama dan sekte lain, pokonya yang penting Tuhan "bahagia". 

Pertanyaannya adalah apakah dengan belomba-lomba membangun tempat ibadah (atau "rumah Tuhan") dan berlomba-lomba melakukan kekerasan terhadap umat, agama, dan sekte lain itu bisa membuat Tuhan "bahagia"? Mari kita renungkan bersama...

Jabal Dhahran, Arab Saudi

Terimakasih telah membaca Apakah Tuhan Bahagia?. Jika anda merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan share Apakah Tuhan Bahagia? untuk teman, sahabat atau keluarga melalui tombol social media di bawah ini.

Wassalamu'alaikum warahmatullah Wabarakatuh

>

Tulis Email Anda untuk selalu mendapat info Update terbaru Blog ini

1 Response to "Apakah Tuhan Bahagia?"

  1. Tuhan adalah mempunyai nama-nama /sifat sempurna/ sebagai PEMBERI kebahagiaan sedangkan keadaan Tuhan tidak boleh diberikan sesuatu karena akan menimbulkan kerancuan pikiran, Dzat* Yang tidak diketahui/hijab-Nya/ karena dunia demikian /diberikan sebuah ujian bagi manusia/ dan akhirat adalah sesempurna-sempurnanya balasan sampai detail*/satu biji atom atau lebih kecil lagi/ akan dibuka dadanya manusia dari manusia zaman Adam as sampai kemudian manusia yang lahir*/terakhir/ sebelum atau dalam keadaan{akan/atau keadan lain yang mendekati keadaan dst*} kiamat.

    ReplyDelete